Rabu, 30 Oktober 2013

Tugas 1

1. Jelaskan dengan contoh "penggunaan bahasa indonesia yang baik dan benar" !
2. Berikanlah contoh fungsi bahasa sebagai alat komunikasi !

Jawaban :

1. Bahasa yang baik adalah bahasa yang sesuai dengan situasi. Sebagai alat komunikasi, bahasa harus dapat efektif menyampaikan maksud kepada lawan bicara. Sedangkan bahasa yang benar adalah bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa baku, baik kaidah untuk bahasa baku tertulis maupun bahasa baku lisan.

Jadi, bahasa Indonesia yang baik dan benar merupakan bahasa yang mudah dipahami dan dimengerti, bentuk bahasa baku yang sah dibuat agar secara luas masyarakat indonesia dapat berkomunikasi menggunakan bahasa nasional.

Contoh penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar terdapat pada kutipan teks "Sumpah Pemuda" sebagai berikut : "Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia", demikianlah bunyi dari alenia ketiga sumpah pemuda yang telah dirumuskan oleh para pemuda yang kemudian menjadi salah satu faktor penting pendiri bangsa dan negara Indonesia. Bunyi alenia ketiga dalam ikrar sumpah pemuda itu jelas bahwa yang menjadi bahasa persatuan bangsa Indonesia adalah bahasa Indonesia.

2. Contoh fungsi bahasa sebagai alat komunikasi :
Disaat seorang motivator berbicara dengan audience-audiencenya dari kalangan menengah keatas atau orang yang berpendidikan tinggi, maka ia akan memakai tata bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi dengan kata-kata yang baku atau kata-kata asing, sedangkan kepada masyarakat umum ia akan menggunakan tata bahasa untuk berkomunikasi dengan kata-kata yang lebih mudah dicerna atau dipahami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar