Sabtu, 23 Oktober 2010

Bisnis Cantik Kreasi Kue Tart Handuk Lipat

Seni menjadikan seseorang jadi kreatif. Berbekal kegemarannya menjahit, Katarina, pemilik Rina’s Souvenir kini mampu meraup omset Rp 10 juta pada tiap perayaan ulang tahun, hari raya, dan tahun baru.
Katarina mampu membuat 600 handuk lipat sesuai pesanan pelanggannya, mulai dari bentuk kue-kue hingga buah-buahan.

Awalnya Katarina memanfaatkan kain perca. Kemudian dia mengkreasinya menjadi barang yang berseni tinggi. “Saya senang dengan kerajinan yang berhubungan dengan kain, seperti kain strimin lebih-lebih terhadap kain perca,” ujarnya.

Dari perca ia kemudian beralih ke bahan handuk. Handuk-handuk tersebut dibentuk seperti kue-kue, maupun model lainnya. Mula-mula kreasinya tersebut hanya untuk dipakainya sendiri. Kemudian ada sebagian saudaranya yang tertarik.
“Awalnya saya membuat model seperti bantal. Niatnya untuk kado saudara saya yang sedang menikah, kemudian saudara yang lain tertarik dengan kreasi tersebut,” ungkapnya.
Semenjak itu, dia mendapat dorongan dari bibinya untuk serius menggeluti kerajinan handuk lipat tersebut. Malahan dia diminta membuat beberapa model kerajinan handuk yang lain, untuk keperluan pembuatan buku sang. “Bibi saya mau membuat buku tentang kerajinan kain, kemudian dia meminta saya untuk dibuatkan contoh-contoh model kerajinan lainnya,” ucapnya.

Dari situlah kemudian dia serius menggeluti kerajinan handuk lipat. Dengan modal awal sekitar Rp 200 ribu, Katarina memulai usaha handuk lipatnya. Dalam satu harinya dia bisa menyelesaikan sekitar 50 model handuk dengan berbagai jenis ukuran. Mulai bentuk seperti kue maupun buah-buahan, tergantung dari pesanan.

Dia mengaku pernah mendapat pesanan dari pelanggannya yang berasal dari Balikpapan, Banjarmasin, bahkan Australia. Waktu itu dia kaget, ternyata hasil karyanya sampai diminati oleh masyarakat asing. “Waktu itu, pelanggan saya bilang kalau hasil karya saya mau diekspor ke Australia. Saya bangga karya saya bisa diminati di sana,” katanya.

Setiap hasil karyanya dipatok dengan harga Rp 5 ribu – Rp 7 ribu per biji, untuk pemesanan dalam jumlah banyak. Sedang untuk harga per satuan, dia memasang harga sebesar Rp 6 ribu hingga Rp 10 ribu. “Harga tersebut sudah saya sesuaikan dengan keinginan pelanggan. Semuanya tergantung kesepakatan saja,” ucapnya.

Sedangkan untuk harga paling mahal dengan ukuran yang cukup besar dia mematok Rp 50 ribu. Kerajinan handuk lipat tersebut umumnya digunakan pelanggan untuk suvenir pernikahan maupun kado ulang tahun.

Dengan omset per harinya sekitar Rp 1-2 juta, Katarina mengaku masih mengalami banyak kesulitan. Naiknya harga bahan baku handuk kerap membuatnya harus memutar otak untuk mencari solusi. “Saya ingin menjaga kualitas karya tersebut, makanya saya selalu menggunakan handuk yang bagus. Lebih-lebih handuk yang saya pakai untuk kerajinannya tersebut masih bisa dipakai kembali,” tuturnya.

Memasuki November-Desember, dia mengaku selalu kebanjiran order pesanan. Karena pada bulan-bulan tersebut masyarakat banyak yang mengadakan acara, baik pernikahan, merayakan hari raya dan tahun baru.
Pada saat itu, Katarina mampu meraup omset bersih sampai Rp 10 juta. “Bulan itu, berkah bagi saya, saya sampai kewalahan menerima pesanan dari berbagai pelanggan,” ujarnya.

Dengan respon pelanggan yang bagus itu, Katarina berupaya untuk tetap menjaga kualitasnya. Terutama terkait bahan dasar yang digunakan. “Respon pembeli sangat bagus, makanya saya getol sekali menjaga kualitas kerajinan saya. Saya takut dan malu kalau pelanggan saya meninggalkan saya,” pungkasnya.
Antaran Bergaya Kue Tart

Banyak ragam membuat antaran untuk acara pernikahan, ulang tahun atau hari istimewa lainnya. Gaya Kue Tart kali ini mungkin bisa Anda coba. Antaran cantik dan unik

BAHAN DAN ALAT KUE TART:
Baki bulat atau tampah, kaleng bekas, 3 buah handuk polos/bertekstur, jarum pentul, selotip kertas, pita besar dan kecil, bunga kain, alas kertas Kue Tart, serta gunting

CARA MEMBUAT KUE TART:
1. Siapkan baki atau tampah berdiameter 40 cm. Pasang dan rekatkan alas kue di permukaannya.
2. Letakkan kaleng di tengah baki atau tampah kemudian rekatkan keseluruhan pinggiran kaleng pada permukaan baki dengan selotip kertas atau lakban di bagian bawahnya.
3. Selimuti seluruh permukaan kaleng dengan kertas hias yang warnanya kontras dengan handuk.
4. Siapkan handuk ukuran 60 x 120 cm, lipat handuk bagian panjangnya menjadi 6 lipatan. Lalu selimuti kaleng dengan handuk tadi. Kuatkan sambungannya dengan jarum pentul.
5. Tambahkan gulungan tadi dengan handuk yang lain.
6. Selimuti sisa kaleng yang muncul dengan lilitan handuk ketiga. Sematkan jarum pentul agar kuat.
7. Lilitkan pita di sekeliling handuk. Tambahkan kuntum bunga hias ukuran sedang di sekeliling permukaan atas handuk bagian bawah.
8. Pasang kuntum bunga hias di sekeliling handuk bagian atas. Rekatkan dengan jarum pentul.
9. Hias bagian atas permukaan handuk kue tart dengan kuntum bunga hias ukuran besar.
10. Hias bagian bawah baki atau tampah dengan pita di sekelilingnya.

Peluang Bisnis Kue Kering Jelang Lebaran


Menjelang perayaan hari raya seperti lebaran, banyak peluang usaha musiman yang dapat dijalankan. Salah satunya yaitu peluang usaha kue kering. Biasanya kue kering menjadi makanan favorit dan banyak dicari para konsumen pada saat perayaan hari raya seperti pada saat lebaran. Tradisi makanan wajib yang biasa dihidangkan pada saat lebaran, selain ketupat opor biasanya juga dihidangkan berbagai macam kue kering seperti nastar, kastengel, putri salju, kue sagu, kue lidah kucing, serta aneka macam kue lainnya.
Kebiasaan masyarakat tersebut menyebabkan permintaan akan kue kering mampu meningkat tajam, bahkan hingga 200% dari permintaan pasar pada hari – hari biasa. Tingginya permintaan pasar akan kue kering biasanya dijadikan sebagai peluang untuk meraih untung dari usaha musiman tersebut.

Konsumen
Dengan tingginya permintaan konsumen akan kue kering menjelang lebaran, pelaku usaha kue kering tidak perlu susah – susah mencari konsumen. Karena hampir semua kalangan membutuhkan kue kering, dan tidak semua orang memiliki waktu ataupun kemampuan dalam membuat kue kering. Sehingga mereka lebih memilih membeli kue kering yang banyak ditemukan di pasaran, daripada harus membuatnya sendiri. Disamping konsumen rumahan, permintaan akan kue kering juga datang dari berbagai kantor yang menggunakan kue kering sebagai parsel untuk para karyawannya.

Produk
Walaupun permintaan pasar akan kue kering sangatlah tinggi, namun sebagai pelaku usaha Anda harus tetap memperhatikan kualitas produk kue kering yang Anda produksi. Jika ingin menggunakan bahan tambahan seperti  bahan pengawet, bahan pewarna serta bahan pemanis pilihlah bahan yang khusus untuk makanan. Sedangkan untuk pemilihan bahan baku, gunakan bahan – bahan yang berkualitas,dan jangan lupa perhatikan masa kadaluarsa bahan baku yang akan digunakan. Sehingga kue kering yang kita hasilkan aman untuk dikonsumsi dan tidak membahayakan kesehatan para konsumen.

Selain kualitas produk, yang harus dipikirkan adalah kemasan produk yang menarik untuk menguatkan minat pada konsumen pada produk yang kita produksi. Karena biasanya hal pertama yang dilihat konsumen adalah tampilan luar atau kemasan produknya. Untuk mempercantik penampilan kue kering yang Anda pasarkan, dapat menggunakan berbagai macam bentuk toples kedap udara atau bisa juga menggunakan toples mika yang ditutup rapat dengan plester transparan. Untuk menambah nilai jual, Anda dapat menambahkan hiasan ataupun mencantumkan merek kue kering yang Anda produksi pada kemasan.

Pemasaran
  1. Tawarkan produk kue kering yang Anda produksi pada rekan kantor ataupun tetangga sekitar rumah Anda. Biasanya mereka akan lebih senang jika ditawari dengan cara memesan, sehingga mereka tidak perlu tenaga dan waktu untuk mencari kue kering di supermarket ataupun toko – toko roti.
  2. Cara yang kedua yaitu tawarkan produk Anda ke toko – toko roti, supermarket, ataupun tempat jasa pembuatan parsel. Pada saat menjelang lebaran, banyak toko dan tempat pembuatan parsel yang menerima stock kue kering dalam jumlah yang cukup besar.
  3. Cara yang ketiga yaitu menggunakan brosur dan katalog untuk menawarkan produk Anda melalui para agen, dengan memberikan imbalan tertentu untuk tiap penjualan.
  4. Cara yang keempat yaitu dengan menggunakan bantuan internet dalam memasarkan produk Anda. Sehingga dapat menjangkau pemasaran yang lebih luas, hingga ke berbagai daerah.
  5. Gunakan merek pada produk Anda, sehingga dapat mengenalkan dan menanamkan citra produk kue kering yang Anda produksi pada pasar.
    Sumber gambar : http://images01.olx.co.id/ui/2/03/59/34579459_1.jpg dan http://farm4.static.flickr.com/3435/3803342093_1fc52c76eb.jpg

Sukses Memulai Bisnis Distro

Menggunakan barang-barang brended, mengunjungi distro, factorylifestylesukses dengan menekuni bisnis fashion, sekaligus bukti bahwa eksistensi clothing dan distro masih bertahan hingga sekarang. Dan mulai banyak lagi yang menginvestasikan modalnya ke bisnis ini. outlet dan tempat-tempat yang menyediakan berbagai barang branded, merupakan beberapa anak muda di kota besar. Ini yang membuat banyak owner

Clothing adalah istilah untuk menyebut perusahaan pembuat T-shirt. Istilah lengkapnya adalah Clothing Company atau perusahaan yang memproduksi pakaian jadi di bawah merek sendiri, clothing merupakan kategori untuk merek yang mengeluarkan produk pakaian jadi. Pakaian jadi ini sebagian besar adalah t-shirt yang kemudian berkembang ke berbagai perlengkapan yang menunjang gaya hidup seperti kemeja, sepatu, kacamata, jam tangan bahkan mp3 player.
Sedangkan distro merupakan singkatan dari distribution store atau distribution outlet yang fungsinya menerima titipan dari berbagai macam merek clothing company lokal yang memproduksi sendiri produknya( t-shirt, tas, dompet, jaket, dan lain-lain) yang belum punya pemasaran sendiri ataupun sekedar untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan, maka tentunya clothing company sangat berhubungan baik dan saling membutuhkan.
Distro memiliki sifat eksklusif atau cenderung tidak menjual banyak produk untuk setiap desainnya. Beberapa Clothing Company memang membatasi kuantitas produknya dengan hanya satu kali produksi untuk satu desain. Distro juga memiliki suasana akrab sehingga konsumen merasa nyama untu mampir dan berbelanja.
Walaupun bisnis distro terkesan indie, namun efeknya bisa menggeser merek-merek lokal yang bermodal beser. Keunggulan distro adalah penyediaan produk yang memiliki desain yang sangat eksklusif baik berupa tulisan atau gambar yang memiliki makna lebih yang bisa menarik perhatian orang-orang muda yang selalu ingin tampil beda.
Jika Anda sudah siap melangkahkan kaki di bisnis ini, ada baiknya jika memperhatikan beberapa hal yang mungkin terlihat sederhana namun ini akan membuat bisnis Anda siap bersaing. Langkah pertama yang harus kita lakukan dalam memulai bisnis distro atau clothing company adalah:
1. Memilih nama dan mendesain logo perusahaan.
Nama tersebut harus menarik perhatian dan kepercayaan dari calon konsumen potensial yang kita sasar, Sebelum memutaskan nama perusahaan, pertimbangkan dulu konsep desain logo. Itulah sebabnya kita membutuhkan seorang tenaga desainer ahli untuk menyampaikan tipe, karakter atau konsep melalui logo atau simbol, Oleh karena pentingnya logo maka tidak heran para pengusaha besar berani mengeluakan dana yang sangat besar untuk membayar konsultan atau desainer handal. Sebaiknya desain logo atau lambang tidak rumit, cukup dengan kata aau gambar yang sederhana namun bisa mewakili konsep anda dan mudah di ingat tentunya.
2. Coba untuk menghubungkan nama atau logo dengan bidang bisnis atau konsep bisnis.
3. Mencari atau mengefaliasi pasar yang menjadi target pemasaran. Cara manual dalam mencari segmen pasar adalah melalui promosi mulut ke mulut pada teman-teman atau komunitas yang kita punya. Kemudian bisa membuat brosur untuk promosi atau membuat stiker logo untuk dibagikan secara gratis kepada teman-teman atau komunitas. Memulai usaha clothing dapat dimulai dengan modal yang tidak begitu besar, yang paling penting memiliki kemampuan, memiliki tekad yang kuat, komunikatif dan memiliki ruang lingkup atau komunitas.

sumber gambar : Tim Bisnis UKM

Kamis, 21 Oktober 2010

Bisnis Membuka Bengkel Mobil

Untuk memenuhi kebutuhan hidup di masa sekarang ini, dirasa semakin sulit. Maka, banyak orang memilih untuk berwirausaha untuk mencukupi kebutuhannya. Namun, harapan kedepan bukan hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan pribadi saja, melainkan dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain yang kesulitan mendapat kerja.Salah satu usaha jasa yang selalu dibutuhkan orang adalah berbisnis jasa bengkel mobil. Seiring berkembangnya zaman, berkembang pula perusahaan-perusahaan industri mobil baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang diperjual belikan di Indonesia. Jumlah mobil pribadi kini jumlahnya semakin meningkat. Dan meningkat pula jumlah bengkel mobil, meski bengkel mobil telah berdiri di mana-mana namun, usaha membuka bisnis bengkel mobil ini masih tetap menggiurkan. Alasannya, pangsa pasarnya masih luas. Karena merawat mobil sudah menjadi kewajiban bagi pemilik dan pengguna mobil.
Layanan servis yang dapat diberikan, diantaranya bengkel mobil untuk semua merek mobil, bengkel yang dilengkapi sparepart, aksesoris mobil, modifikasi eksterior atau interior mobil, car spa atau salon mobil, cuci mobil, serta reparasi panggilan.

Untuk memulai bisnis bengkel mobil ini ada yang perlu Anda perhatikan seperti mempelajari beberapa hal yang berakaitan dengan kerusakan mobil. Misalnya, cara membongkar, menganalisis dan mentafsir biaya kendaraan. Bagi Anda yang lulusan sekolah perbengkelan, hal tersebut akan menunjang bisnis Anda. Carilah pemasok kebutuhan bengkel yang bisa menyediakan barang-barang berkualitas dengan harga yang tidak terlalu mahal. Cari juga pekerja yang terampil dalam memperbaiki mobil dan ramah terhadap customer.

Bisnis Catering --> inspirasi bisnis

Bisnis makanan memang tidak ada matinya. Selain karena kebutuhan pokok, makanan juga terbilang bisnis yang banyak menguntungkan. Seperti artikel sebelumnya, kali ini akan mengupas lagi bisnis makanan atau lebih tepatnya bisnis catering. Dalam bisnis makanan memang gampang-gampang susah. Walaupun mudah cara membuatnya, namun ada sisi lain yang harus dipertimbangkan, yaitu cita rasa. Karena selera dari masing-masing orang jelas berbeda-beda. Apabila sudah sesuai dengan selera konsumen, maka tidak jarang akan kebanjiran pelanggan. Memang ini tidak dijamin seratus persen, karena ada juga konsumen yang selain mencari selera makan yang pas, tetapi juga mencari tempat yang sesuai.

Bisnis catering akan lebih banyak untung apabila kita memiliki alat transportasi dan alat makan sendiri, sehingga kita tidak perlu mengeluarkan lagi uang untuk biaya sewa alat-alat tersebut. Jika kita baru pertama kali membuka usaha catering, kita memang tidak perlu memiliki semua itu. Banyak tempat penyewaan alat-alat untuk catering lengkap, dan harganya pun terbilang murah. Untuk piring sekitar 1800 rupiah perlusinnya. Dan apabila usaha cateringnya sudah mulai berjalan dan ada tanda-tanda kemajuan, Kita bisa membeli satu persatu dimulai dari yang terpenting. Misalnya dari piring makan, berikutnya sendok makan, dan seterusnya.

Cara seperti itu dulu dilakukan oleh pengusaha catering Nirbaya Jogja. Sebelum usaha cateringnya maju seperti sekarang, pemilik usaha keluarga catering Hj. Mujiyati Soekarman memulainya dengan membeli satu persatu alat-alat untuk menunjang catering. Dan sampai saat ini gudang yang tersedia untuk menampung alat-alatnya pun sudah tidak mencukupi. Alat transportasinya sudah mencapai 12 unit mobil, diantaranya 3 minibus, 2 suttlebus, 3 mobil box, 2 mobil pick up, 2 truck. Untuk kelas bisnis keluarga bisa terbilang sukses. Karena cara manajemennya pun memakai sistem kekeluargaan, alias tidak kaku. Catering ini tidak pernah memasang iklan ataupun papan nama. Yang ia andalkan hanya meninggalkan satu kartu nama kepada pelanggannya.

Untuk menjadi seperti Catering Nirbaya yang sekarang sudah dikelola putrinya Hj. Endang ini memerlukan waktu yang panjang dan penuh perjuangan. Kalau kita melihat kesuksesannya sekarang ini, yang dalam seminggu tidak kurang dari 15 ribu porsi ia layani, tentu kita tidak akan menyangka jika dalam proses perintisannya hanya menjual arem-arem dipasar. Berkat kegigihan dari Ibu Mujiyati yang sejak tahun 1994 sudah menjanda untuk yang kedua kalinya, mampu membawa usahanya ke taraf yang lebih baik. Arem-aremnya beliau cap dengan nama dan nomor telepon yang bisa dihubungi, sehingga sedikit kebanjiran order sesudahnya.

Pernah suatu saat terjadi hal yang tidak menyenangkan, dimana salah satu konsumen yang melakukan penipuan dengan mengatakan makanan yang dipesan basi. Lucunya lagi pemesan mengatakan itu setelah acara usai, dan hanya tertinggal sedikit makanan. Padahal sesuai prosedur makanan baru dimasak sesaat sebelum pesanan diantarkan, dan juga ada pengecekan rasa. Dengan negoisasi, akhirnya diputuskan pemesan tidak diwajibkan membayar. Contoh lain adalah kecurangan dari pihak ketiga, yang merasa tidak suka dengan kita, sehingga melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan dalam persaingan bisnis yang sehat, seperti memasukkan zat lain yang menyebabkan makanan cepat basi, tidak enak, atau bahkan keracunan.

Untuk menanggapi masalah seperti ini tidak perlu emosi, cukup diselesaikan dengan kepala dingin. Dan pertama yang harus dilakukan adalah mengambil contoh makanan yang menyebabkan keracunan, lalu membawanya ke laboratorium untuk di uji, lalu setelah itu bisa diselesaikan secara kekeluargaan. Dan apabila kita merasa yakin bahwa itu bukan dari kita, dan apabila tidak bisa diselesaikan dengan kekeluargaan, segera laporkan ke pihak berwenang dengan membawa bukti-bukti lengkap untuk segera di tindaklanjuti.

Dengan cerita tadi anda jangan langsung merasa ingin cepat-cepat mencoba dengan tidak memikirkan untung ruginya, namun juga jangan merasa takut untuk mencoba. Untuk menunjang kesuksesan bisnis catering, anda harus menjaga kebersihan tempat, alat-alat, makanan, dan juga tetap menjaga keharmonisan dengan pelanggan, seperti yang diterapkan Catering Nirbaya dengan sistem kekeluargaannya

Bisnis Jasa Servis Komputer

Bisa dipastikan sekarang ini begitu banyak orang yang memiliki komputer. Sebagian besar dari mereka adalah mahasiswa dan berbagai instansi perkantoran. Namun kebanyakan dari mereka hanya bisa menggunakan saja. Sehingga bila terjadi kerusakan pada komputer yang mereka miliki, mereka tidak dapat memperbaikinya sendiri. Munculnya kebutuhan tersebut dapat dijadikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Karena peluang bisnis ini akan dibutuhkan sampai kapanpun, dan prospek kedepannya semakin bagus seiring bertambahnya jumlah pemiliki komputer.
Untuk menjalankan peluang bisnis jasa servis komputer ini membutuhkan keahlian dan waktu. Sebagai seseorang yang sudah memiliki pekerjaan tetap, mungkin agak sulit mengatur waktu. Untuk itu kita harus mencari pegawai yang mempunyai keahlian dibidang ini.

Konsumen
Segmen pasar yang kita tuju adalah para pemilik dan pengguna komputer.

Bagaimana cara memulai
Memulai bisnis ini cukup mudah. Yang kita perlukan pertama kali adalah tempat yang strategis dan ruangan yang tidak terlalu luas, 4×5 m mungkin sudah cukup. Ruangan tersebut kemudian kita renovasi dan kita tempatkan berbagai rak, lemari display kaca yang cukup besar dan tinggi, meja dan kursi, serta peralatan pendukung reparasi lainnya.
Selanjutnya kita menyiapkan juga minimal satu komputer dengan spesifikasi tinggi yang digunakan untuk mencoba CPU atau komputer yang sudah jadi. Dan untuk menambah display, kita bisa menyediakan berbagai keperluan dasar komputer seperti keyboard, mouse, speaker, monitor dll.
Untuk harga service komputer bervariasi, tergantung kesulitan. Sebaiknya kita menentukan perkiraannya, dan memberitahukan kepada pegawai kita mengenai ketentuan berapa keuntungan minimal yang bisa kita peroleh per servis.

Hambat
Peluang bisnis ini membutuhkan keahlian, sehingga pegawai yang kita pilih harus benar-benar menjalani seleksi yang ketat. Utamakan pegawai yang benar – benar mengerti computer, baik dari segi komponen yang dibutuhkan computer hingga cara memperbaiki segala kerusakan yang ada.

Kunci Sukses
Sebagaimana bisnis reparasi lain, kualitas dan harga menjadi modal penting. Jika pelanggan kurang puas dengan reparasi kita atau harga yang kita berikan terlalu mahal, maka lama kelamaan toko kita tidak akan dikunjungi orang.
Sebaiknya kita juga menjual berbagai kebutuhan komputer dengan lengkap, hal ini agar pelanggan bisa mendapatkannya secara cepat dengan konsep one stop shopping. Jika ternyata tempat kita belum mempunyai, kita bisa menjanjikan dilain hari dan berjanji mencarikannya.

Sumber : Tim Bisnis UKM

Bisnis Rental Mobil Panen Jelang Lebaran

Pemudik yang ingin menikmati Lebaran bersama sanak famili dan keluarga di kampung halaman kini bisa dengan mudah mendapatkan mobil rental di Makassar.
Sejumlah unit usaha yang menawarkan jasa mobil bersaing dengan menawarkan harga yang terjangkau menjelang Lebaran tahun ini.  Biaya sewa per hari bisa Rp 200 ribu.
Di Makassar, rental mobil mencapai puluhan unit usaha.  Adapun mobil yang disewakan, di antaranya Avansa, Kijang Inova, Xenia, Honda Jazz, dan Yaris. Hampir semua merk mobil ada tersedai di bisnis rental.
Di antara unit usaha yang melayani rental mobil, adalah Adira Rent Car. Usaha rental di Jl Pengayoman Blok F 22 No 2, Makassar ini menyediakan sekitar 12 unit mobil dengan berbagai merek, seperti Avansa, Xenia, dan Toyota Kijang Inova.
Representatif Office Head Adira Rent Car, Intan Marzuki, mengatakan, menjelang Lebaran, pengusaha rental meraup keuntungan.
Menurut dia, masyarakat lebih memilih layanan usaha rental ini dibanding naik kendaraan umum untuk merayakan Lebaran di kampung halaman bersama keluarga.
Menurut Intan, di Adira Rent Car  harga yang ditawarkan sama dengan harga normal yang biasa ditawarkan pengusaha rental lainnya. "Harga tetap sama, seperti Avansa Rp 330 ribu dan Inova Rp 500 ribu selama 24 jam dengan ketentuan lepas kunci (tidak pakai supir dan BBM ditanggung pemakai)," katanya.
Meski harga yang ditawarkan tidak mengalami kenaikan, namun pihaknya kini tengah menggodok harga paket. "Kita sementara  menggodok harga per paket. Kita akan tawarkan kepada calon pemakai paket lima hari, tujuh hari, dan 10 hari. Kalaupun ada kelebihan pemakaian atau tambahan jam, maka pemakai dikenakan biaya Rp 22 ribu per jam," tambahnya.


Permintaan Melonjak Seminggu Sebelum Lebaran
Pekan kedua Ramadan dan seminggu sebelum Lebaran merupakan waktu yang paling banyak permintaan jasa sewa mobil.
"Saat ini sudah mulai banyak yang ancang-ancang menyewa mobil. Tercatat sudah 11 orang. Namun untuk kepastiannya, kami memberi waktu selambat-lambatnya 10 hari sebelum lebaran untuk menentukan kepastiannya," katanya.
Hal yang sama dilakukan CV Ababil di BTN Dewi Kumala Sari Blok AB9 No 10, Daya. Dari sekitar 30 unit mobil yang disediakan, terdiri atas Avansa, Kijang Inova, Xenia, Honda Jazz, dan Yaris.
"Untuk harga kita patok sama saja. Mungkin sebagian ingin memanfaatkan momen Lebaran. Namun kami tak demikian. Istilahnya kita berfikir panjang. Kalau harga melonjak 100 persen di saat Lebaran pasti laku juga, namun setelah Lebaran, pengguna tak akan melirik usaha kita," katanya.
Di CV Ababil miliknya, rata-rata biaya sewa sekitar Rp 250 ribu per harinya, kecuali merek untuk mobil Kijang Inova yang  disewakan Rp 350 ribu per hari.
Kalau sewa per jam, di sini dikenakan Rp 50 ribu per jam rata untuk semua merek mobil. Sedangkan per bulan ditawarkan Rp 5 juta.

Tribun Timur.

Bisnis Cokelat Tak Lekang Waktu

Cokelat sangat identik dengan perayaan hari tertentu, seperti Natal dan hari kasih sayang.
Hadi Suprapto, Anda Nurlaila

VIVAnews - Bisnis cokelat tidak pernah lekang waktu. Walaupun mengalami pasang surut, bila diseriusi usaha ini bisa mendatangkan keuntungan yang cukup besar.

Adalah Lati Hartati (35), perempuan yang sudah memulai bisnisnya selama tujuh tahun. Ibu tiga anak ini awalnya berusaha pada bidang bisnis kue kering. Banyaknya persaingan, sehingga Tati beralih ke usaha lain.
Setelah khatam kursus pembuatan cokelat, sekitar tujuh tahun lalu, tepatnya pada 2002, bersama sahabatnya, Ratih, ia memulai usaha cokelat. "Modalnya waktu itu sekitar Rp 200 ribu untuk beli bahan baku cokelat dan alat cetak," kata dia kepada VIVAnews.

Bahan baku cokelat yang murah, Rp 27 ribu per kilogram membuat kedua rekan kerja itu bisa menghasilkan sekitar 5 kilogram cokelat.

Pada masa awal produksi, Lati hanya membuat cokelat dengan dua warna dasar, cokelat dan putih. Cokelat itu dipasarkan di kalangan teman-teman dan rumahnya. Walaupun sempat menjalin kerja sama dengan super market, sistem pengembalian yang sangat lama membuatnya berpikir ulang. "Saya memilih menjual di rumah dan toko-toko saja," katanya.

Dia keliling menawarkan cokelat hasil produksinya di toko-toko makanan serta membuka gerai khusus di rumahnya yang sekaligus sebagai tempat kerja.

Usaha bersama ini terus berkembang dalam tujuh tahun. Kini produksi harian sudah mencapai belasan kilogram. Agar terus menarik dan mengikuti pasaran, dia selalu memperbaiki kualitas dan tampilan cokelat hasil buatannya yang diberi merek Beauty.

Cokelat berbentuk bunga mawar, atau berbagai bentuk boneka banyak dipesan sebagai suvenir dalam berbagai acara, seperti pernikahan, pertemuan, dan ulang tahun. "Ada juga yang membeli untuk acara seserahan pada pernikahan," tutur Lati.

Harga cokelat hasil buatan Lati dan Ratih bervariasi, antara Rp 3 ribu - Rp 35 ribu per kemasan. Untuk paket hantaran pernikahan ada yang mencapai Rp 200 ribu per paket.

Cokelat sangat identik dengan perayaan hari tertentu seperti Natal dan hari kasih sayang atau Valentine. "Saat Valentine dan Natal produksi cokelat mencapai 15 kilogram sekali produksi," katanya.

Omzet usaha Tati kini mencapai Rp 7 juta per bulan. Cukup sukses dengan usaha cokelatnya, Tati tak segan membagi ilmu dengan siapa saja yang juga ingin mempelajari pembuatan cokelat.

Kursus di bengkel cokelat sekaligus kediamannya di Bekasi bila ada yang ingin mengetahui seluk beluk pembuatan cokelat. "Kami ingin membuka kesempatan bagi yang ingin berusaha membuat cokelat," katanya.

• VIVAnews

Bisnis Bengkel Sepeda Motor

Ditahun 2010ini diprediksi jumlah pengguna sepeda motor akan meningkat menjadi 80 juta unit di seluruh Indonesia. Pertambahan pengguna sepeda motor ini tidak hanya terjadi di kota-kota besar namun juga tersebar diseluruh Indonesia. Memang saat ini sudah terdapat banyak bengkel sepeda motor disekitar kita namun dengan jumlah sepeda motor yang semakin bertambah maka bengkel-bengkel yang ada tidak mungkin dapat menampung seluruh sepeda motor yang ada. Sehingga alternatif peluang usaha dan peluang bisnis ini menjadi semakin terbuka.
Bisnis ini membutuhkan keahlian dan pengetahuan dibidang sepeda motor. Bila seandainya kita tidak mempunyai keahlian ini maka kita dapat menggaji beberapa montir sepeda motor.
Target Pasar
Target pasar dalam usaha ini sangatlah jelas yakni para pengguna sepeda motor.
Hal-hal Yang Dibutuhkan
Hal yang paling utama yang harus kita sediakan adalah tempat. Ukuran yang diperlukan tidak terlalu luas. Cukup untuk penempatan rak display dan untuk beberapa sepeda motor jika terjadi antrian.
Kita dapat memulai usaha ini dengan tiga orang tenaga mekanik dan anda sendiri sebagai pengawas dan pencatat transaksi. Untuk display dan spare-parts kita bisa mencarinya dari agen dan bengkel-bengkel resmi.
Kendala
Didalam usaha ini anda membutuhkan tenaga mekanik yang handal untuk itu dalam tahap pemilihannya harus selektif.
Tips
Kepuasan pelanggan adalah nomor satu dalam usaha ini. Untuk membuat usaha anda mempunyai nilai tambah dan membuat pelanggan anda kembali maka anda dapat meminta kepada pelanggan untuk mengumpulkan bon pembayaran setiap kali mereka melakukan perbaikan di bengkel kita. Apabila jumlah pada bon sudah mencapai jumlah tertentu maka si pelanggan berhak memperoleh potongan harga atas kunjungan berikutnya.

Sumber : Jimmy Kurnia Indra Djaya